WELCOME


DOWNLOAD GRATIS,DUNIA PHOTGRAPHY,PASANG IKLAN TIPS DAN TRIK,MULTIMEDIA,SOFTWARE FREE,OPTIMALISASI KONEKSI INTERNET DLL.

Saturday 9 January 2016

Croping Sempurna Menggunakan Photoshop

Mungkin sebagian kamu sudah bisa main photoshop, ya iya lah kalo enggak ngapain nyasar kemari. Apa lagi kalau cuma ganti background doank, gampang banget lah. Tapi sesuai dengan judul ada kata "sempurna" Apa maksud dari kata sempurna? karena eh karena bagian helai-helai rambut si objek tidak ikut terpotong. 

Langsung aja ya sob, mari di sepak ehh di simak:
1. Masukkan foto yang ingin diganti backgroundnya. Ctrl+O / file > open atau drag foto lalu arahkan ke photoshop kalian. (ya gak usah di ajarin lagi kayaknya pasti udah ngerti)

2.Duplikat layer Ctrl+J. Lalu gelapkan atau terangkan foto, bisa menggunakan Curves Ctrl+M atau Level Ctrl+L. Fungsinya biar mudah waktu proses crop pakai magic tool aja, soalnya kan magic tool memotong sesuai dengan warna.

3. Setelah gambar cukup gelap, lalu potong foto bagian background nya dengan menggunakan Magic wand tool.
4.Lihat bagian objek foto (orangnya) di zoom fotonya, terus lihat bagian sisi badan objek apakah potongannya sudah rapi atau belum. Kalau kurang rapi, perbaiki dengan menggunakan Polygonal lasso tool (klik: L).

Bagian yang kurang rapi
 

Dengan cara menekan tombol Shift (Untuk memotong dari luar ke dalam) dan tombol Alt (Untuk memotong dari dalam ke luar) pada keyboar computer kalian. Contoh tekan shif lalu klik kiri pada bagian foto yang ingin di potong. Usahakan potong bagian yang kurang rapi, kalau perlu satu objek langsung.
 
5. Setelah selesai melakukan potongan dengan mengunakan Polygonal lasso tool, langkah selanjutnya kita masih akan memotong fotonya atau memperdalam hasil potongan. Dengan cara pilih menu Select>modify>feather atau tekan Ctrl+Alt+D. Denga radius 0,5>ok. Dan lakukan secara berulangkali kurang lebih sampai 3kali.
6. langkah selanjutnya, klik menu kreat new yang letaknya di pojok kanan bawah, lalu pilik Curves dan tekan Enter.
 Buang gambar layer 1 lalu duplikat lagi foto objek yang asli. Masukkan gambar/background yang mau kalian pasang di foto, letakkan di paling atas lalu atur ukuran nya.
 7. Ubah jenis background yang awal nya normal menjadi multiply. Lalu tekan Alt arahkan kursor/mouse anda di antara layer2 dan layer curves lalu klik kiri.
Dan hasil nya seperti ini.
Tinggal satu cara lagi.
8. Pilih tool brush atau klik(B). Atur brush dengan menggunakan masterdiameter 100% hardness 0% dan opacity 45%. Sapukan pada background awal yang terlihat di sekitar objek foto.

 
 Hasil akhir.
 
 Catatan :
Saran gue foto yang kalian gunakan untuk tutorial ini hasil foto harus tajam. Gunakan background gambar yang agak terang warnanya, seperti biru, dll. Terus jangan lupa background foto harus putih, kuning, atau hijau, kalau warna lain kayaknya kurang bagus.

No comments: